Melalui komunikasi daring, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk
memanfaatkan jejaring internet untuk mencari dan mendapatkan informasi
sebagai pendukung gagasan atau konsepnya sekaligus mengomunikasikan
gagasan atau konsepnya.
Komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan (synchronous) maupun dalam waktu yang berbeda (asynchronous).
Komunikasi daring dapat dilakukan melalui
pengiriman teks dan gambar, bahkan memungkinkan komunikator dan
komunikan melakukan percakapan langsung dengan saling melihat gambar
lawan bicaranya.
B. Kelas Maya
Melalui kelas maya, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk dapat ikut serta
dalam kelas maya yang diselenggarakan oleh siapapun, dalam rangka
meningkatkan pengetahuannya. Kelas maya sebagai kelas yang
diselenggarakan “jarak jauh” dengan memanfaatkan jejaring internet.
Kelas maya memungkinkan siswa mengunduh berbagai informasi dan pengetahuan baru yang diperlukan yang telah disediakan oleh guru yang mengampu kelas maya tersebut, sekaligus menyampaikan tanggapan atau jawaban yang ditanyakan oleh guru.
Kelas maya merupakan kelas “terbuka” dan “jarak jauh” yang dibuat dalam
rangka pemelajaran yang dapat diikuti oleh siswa yang terdaftar, dan tidak ada
perbedaan dengan kelas konvensional (kelas tatap muka langsung antara guru
dan siswa).
Keterlibatan orang tua siswa dalam memantau keaktifan siswa mengikuti kelas
maya dapat dilakukan orang tua kepada guru.
C. Presentasi Video
Kemudahan perekaman gambar bergerak dalam bentuk video dan
perkembangan teknik video dari analog ke digital, memungkinkan seseorang
merekam gambar bergerak yang lebih baik dan lebih mudah. Meskipun harus
mempelajari teknik perekaman gambar dan penyuntingannya, melalui video
process (proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada
peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam), presentasi video
memberikan bekal bagi siswa untuk membuat video, terutama untuk,
mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Ada kalanya, penyaji saat mengomunikasikan gagasan atau konsep tidak
memerlukan banyak gerakan atau hanya memerlukan ruang gerak yang sedikit.
Untuk kepentingan tersebut video process untuk pengambilan gambar penyaji,
dapat digantikan dengan memanfaatkan webcam.
Presentasi Video membekali siswa dapat melakukan keduanya.
Sumber:
Buku Siswa SMK/MAK Kelas X
Mata Pelajaran Simulasi Digital Semester 1
0 Komentar