Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MATERI KELAS XI : MENGEMBANGAKAN TEKS PROSEDUR ( 12 AGUSTUS 2020 )

 

TEKS PROSEDUR 4 KELAS XI

D.   KD. Mengembangkan Teks Prosedur

Ind 1.Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur.

Ind 2.Mengembangakan teks prosedur dengan memperhatikan isi, struktur, dan aspek kebahasaan.

Kegiatan 1

Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Memahami struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur merupakan hal yang terpenting untuk mengetahui maksud teks prosedur.

Langkah- langkah memahami teks prosedur

1. Mengartikan Kata-kata Sulit
Kata-kata yang dianggap sulit dapat kamu temukan maknanya melalui kamus. Arti kata yang berdasarkan kamus disebut dengan makna leksikal. Arti kata yang berdasarkan konteks kalimat disebut dengan makna struktural.

       2. Memaknai Maksud Teks secara Keseluruhan
Tujuan hal ini adalah untuk mengetahui topik umum beserta langkah-langkah yang ada di dalam suatu teks prosedur. Misalnya, teks tentang teknik wawancara yang telah kamu pelajari sebelumnya. Topik umumnya adalah cara mengikuti suatu wawancara ketika melamar kerja. Topiknya adalah langkah-langkah yang isinya mengarahkan seorang pencari kerja dalam mengikuti tes wawancara sehingga ia diterima di suatu perusahaan.

Perhatikan contoh di bawah ini.
1. Bacalah dengan saksama teks berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin” di bawah ini! Kemudian, ikuti instruksi yang menyertainya!

Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin

Gambar oleh lil_foot_ dari Pixabay

Setiap orang tentu ingin pulang kantor tepat waktu. Sayangnya, ada saja hal yang membuat keinginan tersebut sulit terwujud, mulai dari mengantuk hingga tidak fokus mengerjakan satu hal. Padahal, jika kita bekerja dengan tepat, pulang telat takkan terjadi, lho. Berikut tiga cara supaya kita dapat pulang tepat waktu.

a. Skala Prioritas
Sesampainya di kantor, pasti setumpuk pekerjaan sudah menanti, mulai dari yang mudah hingga sulit, mendesak hingga santai. Pikirkanlah dengan mendahulukan pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu. Ini berarti kita harus pandai menentukan apa saja pekerjaan yang memang perlu diselesaikan hari itu juga

b. Sedikit Berpikir
Percaya tidak, semakin sering hal kecil dipikirkan, akan semakin susah untuk kita menyelesaikannya. Ini biasanya terjadi karena kita berpikir bahwa pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan. Padahal sebenarnya pekerjaan ini bisa dikerjakan dalam waktu singkat. So, don’t think, just do!

c. Istirahat
Mengerjakan pekerjaan tanpa batas waktu tidak menjamin kita bisa segera pulang tepat waktu. Ketika tubuh dan otak bekerja keras selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu untuk beristirahat sejenak. Ada baiknya, isilah istirahat dengan hal yang tidak membuat kita lupa waktu, tetapi lakukan hal-hal yang membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

Nah, dengan begitu pekerjaan cepat selesai, kita bisa pulang tepat waktu dan bisa melakukan berbagai hal lain di luar pekerjaan.

       Setelah selesai membaca teks di atas, ikuti kegiatan berikut ini.

       Catatlah kata-kata sulit yang ada di dalam teks tersebut!

       Tentukanlah maksud dari isi teks tersebut!

       Jelaskan pula arti penting teks tersebut bagi pembacanya!

       Sajikanlah hasil kegiatanmu dalam rubrik penilaian berikut.

Contoh Jawaban

Judul : Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin
Sumber : Surat Kabar Kompas

Kata Sulit Maksud Isi Teks
Skala, prioritas, focus Teks tersebut bermaksud memberi motivasi untuk tetap semangat bekerja terutama pada hari Senin. Hari Senin merupakan awal kegiatan yang harus dijalani karena biasanya hari pertama masuk kerja merupakan hari panjang yang harus dilalui yaitu dari Senin sampai Jumat atau Sabtu.
Arti Penting Teks Pentingnya teks berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin” ialah agar pembaca dapat memahami dan termotivasi melalui beberapa cara atau tips yaitu membuat skala prioritas, sedikit berpikir (lakukan selebihnya), dan luangkan waktu cukup untuk istirahat.

. Menyusun Teks Prosedur dengan Memperhatikan Isi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Langkah-langkah penyusunan teks prosedur ialah sebagai berikut.
1. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
2. Menentukan tema kegiatan.
3. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
4. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
5. Mengumpulkan bahan-bahan.
6. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan LENGKAP.

Berikut disajikan contoh pengembangan teks prosedur yang dikutip dari Buku berjudul Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK karya E. Kosasih.

Topik: Menjadi Pribadi yang Penuh Percaya Diri.

Kerangka teks prosedur:
1. Menerima apa adanya
2. Mengenali kekurangan dan kelebihan diri
3. Bertanya tentang kekurangan dan kelebihan diri
4. Keyakinan pada diri sendiri
5. Selalu bersyukur
6. Bersyukur menambah kebahagiaan
7. Banyak tersenyum secara tulus
8. Senyum membawa kebahagiaan

Contoh pengembangan kerangka teks menjadi teks prosedur.

Menjadi Pribadi Penuh Pecaya Diri

Untuk menjadi pribadi yang percaya diri, Anda harus menerima diri apa adanya. Ini sangatlah penting karena begitu Anda menerima diri Anda apa adanya, Anda merasa senang dengan diri Anda sendiri. Artinya, Anda menerima apa pun kelebihan dan kekurangan yang melekat pada diri Anda selama ini. Tentunya, yang dimaksud dengan menerima kekurangan disini bukan sama sekali membiarkan kekurangan diri Anda begitu saja. Sebaliknya, Anda terdorong untuk  memperbaiki kekurangan dengan sepenuh hati, tanpa putus asa.

Langkah pertama dengan menanyakan kepada diri Anda tentang hal-hal berikut dan jawablah sejujurnya.

1. Apa saja kekurangan diri saya selama ini yang harus saya perbaiki, demi mencapai impian mulia saya?
2. Hal apakah dari diri saya yang kurang disukai orang lain atau teman saya?

 Adapun yang dimaksud dengan kelebihan disini adalah hal-hal positif diri Anda yang patut Anda syukuri dan maksimalkan. Cara mengenali kelebihan diri Anda ini sangatlah mudah.

 Untuk mengenali kelebihan Anda, jawablah pertanyaan berikut.

 1. Hal positif apa sajakah yang teman saya sukai dari diri saya?

2. Apa yang saya sukai dari diri saya selama ini?

3. Apa yang orang lain rindukan dari diri saya?

Langkah kedua, yakinlah pada diri Anda sendiri. Keyakinan adalah fondasi kehidupan. Sekali kita yakin kepada diri sendiri, sejak itulah kita lebih mudah melangkah dalam meraih impian.

Langkah ketiga, bersyukurlah atas apa pun yang Anda dapatkan. Bersyukur adalah bukti kebahagiaan seseorang. Semakin kita pandai bersyukur, semakin tinggi kebahagiaan yang kita 

dapatkan. Dengan bersyukur, kita telah mengakui setiap kebaikan yang kita dapatkan serta menikmati setiap kebaikan yang kita lakukan.

Langkah keempat, tersenyumlah dengan tulus kepada setiap orang, termasuk orang yang pernah menyakiti diri Anda. Senyum adalah doa. Setiap doa adalah kebaikan. Setiap kebaikan adalah awal dari kebahagiaan. Itulah sebabnya semakin sering kita tersenyum dengan tulus, semakin bahagialah diri kita. Semakin kita bahagia, semakin percaya dirilah diri kita.

Selamat menjadi pribadi yang percaya diri dan penuh bahagia! (Sumber: Ainy Fauziyah dalam Kompas).

Menyunting Teks Prosedur 

 

Dalam menyunting sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, kebenaran isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda bacanya.
Perhatikanlah cuplikan berikut!
1) Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. (2) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih. (3) Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, visioner, dan sebagainya. (4) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.
Ada dua jenis kesalahan dalam cuplikan tersebut, yakni dalam pembentukan kata dan pembentukan kalimat.
a. Pembentukan kata kenali dalam kalimat (1) tidak tepat, seharusnya mengenali.
b. Kalimat (2) dan (4) tidaklah efektif. Kalimat tersebut tidak jelas subjeknya.
 


Kalimat Awal Perbaikan
1) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika melihat keberhasilan orang lain, Anda akan terpacu menjadi lebih baik, bukan merasa rendah diri atau sedih.
2) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain. a) Pengenalan dan penghargakaan terhadap diri sendiri akan membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain. b) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri, Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain

 SELAMAT BELAJAR

Materi Rekomendasi

Posting Komentar

0 Komentar